Sepotong Kisah di “Literaction” Lembang Part 1

Panitia Literaction Part 2

“Bu Ayu, ane minta bantuan antum ya nanti buat acara Literaction Part 2 di Lembang” kata pak Amal guru komputer di Al Kamil selaku PJ kegiatan saat itu.

Gue yang tipikal “Iya-iya aja” jawablah sekenanya, “Sip pak!”. Sampai hari kumpul rapat, bingung lah kan gue. Seumur-umur menghindari banget tuh yang namanya jadi seksi acara, eh malah nama gue nyempil di situ. Yah udah lah ya, namanya takdir jalanin aja. (Sumpah filosofi hidup gue kayaknya ‘ngalir kayak aer’ deh, gada gregetnya amat)

Bingung. Itulah perasaan gue saat hadir di rapat, gue mau ngapain ini yak?
Ajeng bilang, “Bu Ayu tau gak sih bu, kenapa kita ditunjuk jadi acara? Aku tanya bu Maya katanya karena kita punya blog.”
“Eh? Gara-gara punya blog?”
“Iya kan ini acara literasi gitu, jadi karena kita punya blog, terus ditunjuk deh. Padahal blog aku juga ga aktif buuu”
“Yah, apalagi aku, blog isinya curhatan ga jelas semua. Hahaha”
Ya, disela kebingungan kita. Kita ngejalanin aja tugas yang diberikan PJ. Daripada gada kerjaannya kan yha. Ntar panitia-panitiaan doang deh.
Konsepnya beda dari acara gathering sebelumnya. Karena ada instruksi langsung dari yayasan tentang satu nilai yang bakalan dipraktikkan selama acara berlangsung selama dua hari dua malam kemarin, tanpa para peserta sadari (termasuk gue). Nanti deh di ujung gue ceritain. Sekarang simak dulu aja cuitan gue yang panjang juga (agak) gak jelas. Hahaha.
Ohya sebelum keberangkatan. Kita semua para guru diberi dua tugas. Tugas pertama adalah mengumpulkan prosa tema “Aku”, tugas keduanya adalah setoran hafalan Qur’an yang nantinya akan jadi target di Quran Camp. (Quran Camp apalagi tuh? Ntar deh ya di lain halaman gue ceritain lagi, kalo sempet *sok sibuk haha).
Aku nyempil di mana yaaaa?

Tibalah hari keberangkatan tanggal 18 Agustus, kita kumpul di SDIT AL KAMIL pukul 05.30 untuk briefing peserta dari yayasan. Kita dibagi  menjadi 5 kelompok, 4 kelompok dari unit SD, satu kelompok dari unit TK. Bukan naik satu bis besar, kali ini kita naik semacam mobil travel gitu sebutlah ELF. Satu kelompok beda-beda jumlah anggotanya, dan dipimpin satu Amirus Safar (pemimpin perjalanan). Khusus kelompok gue, ada 13 orang plus amir. Terdiri dari 2 orang busui bawa balita, 2 orang hamil muda, 1 orang hamil tua, 1 ibuk dan 6 orang singlelillah. Betapa berat tugas pak Amir Azat mengawal buk-ibuk dan rempongers macam kita. Hahaha. Alhamdulillah nya, dua bayik di mobil kita aman, damai, ceria sentosa. Perjalanan dimulai dengan baca doa safar yang dipimpin oleh sang Amir. Juga aturan-aturan selama safar berlangsung.
Gue seneng banget deh kalo yang namanya pergi jauh. Kemana gitu kek, yang penting jalan. Kenapa? Karena salah satu doa yang dikabulkan Allah adalah doa orang yang pergi safar. Kan gue safar tuh ya, udah tuh seneng banget sepanjang perjalanan komat-kamit berdoa (coba deh tebak gue doa apa?). Alhamdulillah yaaa masih dikasih kesempatan buat berpergian, apalagi gratis kan. Hahaha. #thuglife
Perjalanan start pukul 07.00 sampai pukul 13.30 tiba di Lembang. Kenapa kok lama banget? Jadi gini, awal kesepakatan Amir dan instruksi adalah lewat jalur yang ditentukan, tapi kemudian sang supir enggan lewat jalur situ dan kemudian memilih jalan yang lain. Yah sudahlah, kalau abang lebih memilih jalan (dengan) yang lain, tak apa. Lah!
Peserta kemudian menyebar dan masuk ke kamar masing-masing. Alhamdulillah nya gue sekamar (lagi) sama bu Nia. Amanlah udah amalan ibadah gue jadi berfaedah, maasyaa Allah. Aktivitas pertama kita di kamar adalah nge-gebuk-in kasur, sambil baca bismillah. Hehe. Terus bu Nia nge-ruqyah kamar kita, dibacakanlah surat Al Baqarah sama beliau. Maasyaa Allah kan bu Nia tuh guru favorit daku.
Selama kegiatan berlangsung, kita punya tugas buat menghafal Al-Qur’an sesuai target. Bu Nia jugalah yang jadi muhafiz daku. Berkah, Alhamdulillah. 

Acara pertama adalah seminar literasi oleh Prof. Bachrudin Musthafa. Kerenlah beliau, intinya kegiatan literasi itu adalah bukan semata-mata tentang pelajaran, tapi literasi itu tentang pemahaman segala hal. Duh pokoknya gitu ya. Gue bingung jelasinnya juga gimana kalo di sini. Kemudian acara lain berlangsung sampai larut malam. Peserta kemudian balik lagi ke kamar masing-masing untuk istirahat.  

Oya, pas banget kemarin lagi pembukaan Asian Games 2018. Sempet lah dikit nonton pembukaannya. (Ga jelasbanget kan gue mah)

Sekarang bersambung dulu ya…
Lanjut besok kalo inget, hahaha…

Sepotong Kisah di “Literaction” Lembang Part 2

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Awalnya

Hari itu, sebuah biodata seseorang diperlihatkan kepadaku. Tak banyak yang kupikirkan, langsung saja, ok lanjut. Sudah tak banyak…

Nostalgia

Tak terasa waktu terus bergulir. Meninggalkan kisah-kisah yang berbekas di hati selama dua tahun ke belakang. Tak sadar…