Review Buku: The 7 AHA!s of Highly Enlightened Souls


Kiat Membebaskan Diri Dari Segala Macam Stress 

Judul Buku     : The 7 AHA!s of Highly Enlightened Souls

Pengarang      :Mike George
Penerbit         :PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun             : 2005
Halaman         :146
Harga              : Rp. ,-
Latar Belakang Pengarang:
Mike George adalah seorang guru spiritual, pembicara konvensional, pemimpin retret, dan fasilitator pengembangan manajemen. Dia bertempat tinggal di London dan Cotswolds. Dengan campuran unik wawasan, kebijaksanaan, dan humor, Mike menyatukan tiga elemen kunci milenium baru.
  • Kecerdasan emosional/spiritual
  • Pengembangan manajemen
  • Pemelajaran berkesinambungan
Saat bekerja dengan orang-orang di berbagai perusahaan dan komunitas di lebih dari tiga puluh Negara, lokakarya, seminar, dan retretnya terutama dirancang untuk menolong orang:
  • Membangkitkan kesadaran terhadap sumber dayabatin mereka sendiri, sehingga mereka bisa lebih puas dengan diri sendiri dan lebih efektif dalam segala yang mereka lakukan.
  • Mengembangkan keterampilan emosional dan spiritual yang praktis, untuk membangun dan memelihara hubungan yang kokoh dan penuh cinta.
  • Menemukan dan menjelajahi kebijaksanaan mendasar yang mereka butuhkan untuk menciptakan kehidupan yang lebih seimbang dan memuaskan.
Berbagai retret dan lokakaryanya meliputi Self Awardness and Personal Enlightenment, Liberating Leadership,Mastering Deep Change, Working with Emotional Intelligence, Conflict Resolution, Meditation and The Art of Heart Maintenance. Klien-kliennya berasal dari berbagai sector, public dan swasta, termasuk Mitsubishi, American Express, Siemens, Alianz, Barclays Bank, Johnson and Johnson, KLM Royal Dutch Airlines, NHS, Help the Aged, dan BBC.
Selama dua puluh tahun terakhir, dia juga telah berpergian ke berbagai tempat mengajarkan seni meditasi dan membantu orang lain dalam pengembangan spiritual mereka. Karyanya yang lain termasuk Learn to Relax, Learn ti Find Inner Peace, The Secrets of Self Management, Meditation for Extremly Busy People, Strees Free Living, dan In the Light of Meditation.
Mike George adalah redaktur pelaksana Heart & Soul Magazine dan pendiri The Relaxation Center (relax7.com).

Isi Buku:
Secara keseluruhan isi buku ini menceritakan bagaimana kita berproses dalam kehidupan, mulai dari melihat masa lalu, masa kini, dan tindakan kita untuk masa depan. Menurut saya, dari buku ini bisa membantu seseorang menemukan dirinya yang sesungguhnya. Manusia yang mempunyai berbagai potensi kehidupan yang telah di berikan oleh Allah. Strees pada diri manusia yang sesungguhnya bisa di hindari dengan keseimbangan antara kecerdasan emosional, pengembangan manajemen, dan pembelajaran/penempaan diri yang dilakukan secara berkesinambungan.
Mungkin kita sering mengikuti seminar ataupun tentang training motivasi, membaca buku motivasi, saya katakan bahwa itu semua tidak akan merubah kita sedikitpun dari diri kita. Yang dapat merubah diri kita sebenarnya adalah diri kita sendiri. Dilihat dari kemauan hati untuk berubah menjadi lebih baik. Setidaknya meminimalisir keadaan slah kita. Nah, dari buku ini kita bisa lebih baik mengorganisir waktu, mengoptimalkan waktu kita untuk perubahan diri yang lebih baik.
Ada mungkin satu hal yang saya tertarik dengan buku ini, yaitu adanya Perbincangan Capuccino yang berisi:
Pernahkah Anda mendengar percakapan seperti ini, “wah, dunia luar sana sungguh keras?” Orang pertama memulai pembicaraan kira-kira seperti ini, “Kamu tahu, aku punya banyak hal yang mesti di kerjakan, tenggatnya mengerikan, ada bertumpuk-tumpuk pekerjaan di mejaku, dan semua orang menginginkan sesuatu dariku kemarin. Aku betul-betul stress sampai mau mati rasanya”. Orang kedua menyahut, “Kamu stress? Kuberitahu apa saja yang harus ku kerjakan!”. Beberapa menit kemudianlitani ‘berbagai hal’ dimana masing-masing orang berusaha membuktikan bahwa mereka lebih stress daripada teman-temannya, betapa gilanya kita! Dunia macam apa yan telah dan sedang kita ciptakan ketika kita berlomba untuk menjadi yang lebih stress? Dunia macam apa yang mengukur kesuksesan dengan patokan tingkat stress? Anda tak pernah melakukannya bukan?
Hemm, mungkin tanpa disadari kita sering berlomba-lomba mencari siapa yang paling stress. Stress bukan? Nah, dari buku inilah kita bisa mengetahui kiat membebaskan diri dari berbagai jenis stress.
Kelebihan buku:

  • Menjelaskan secara rinci tentang keadaan kita di masa lalu itu sebagai penganut “mitos”, dan apa yang harus kita lakukan, dan ide-ide cemerlang untuk masa depan AHA!.
  • Banyak selingan paragraph motivasi seperti percakapan cappucinno tadi.
  • Bahasanya yang dikemas secara gaul, cetar, dan membahana.
Kekurangan buku:
  • Mungkin karena buku ini hasil terjemahan, ada beberapa kosakata bahasa Indonesia yang kurang pas dalam kondisinya.
  • Karena penulis atau pengarangnya adalah bukan seorang muslim, maka tidak ada nilai-nilai Islami, meskipun isinya itu yah termasuk juga. Hanya saja, berbeda.
Saran:
Buku ini di tujukan untuk kamu-kamu yang mudah stress, dari stress biasa hingga stress tingkat akut. Terutama untuk remaja, buku ini memotivasi kita untuk berfikir cemerlang dan terstruktus, dengan mengaitkan pengalaman dimasa lalu ataupun sekarang.
Ada satu kutipan akhir buku ini yang superr sekali.
“Ingatlah, kebahagiaan bukan ketergantungan melainkan keputusan. Kebahagiaan bukan tujuan melainkan perjalanan. Kebahagiaan bukan pencapaian melainkan cara untuk mencapai. Kebahagiaan tidak pernah menunggu sekarang atau nanti. Jangan tunda lagi. Bahagialah sekarang. Dunia sedang menunggu cemerlangnya senyum Anda, kepuasan hati Anda, dan gema derai tawa Anda.”
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like