Bola Salju

google.com


Beredarnya kabar kesana-kemari mengakibatkan gulungan bola salju yang kian membesar setiap hari. Persis seperti kabar angin yang tidak bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya. Maka Allah dan Rasul-Nya sudah mengajarkan kita untuk bertabayyun ketika datang sebuah kabar dari orang lain yang belum bisa kita pastikan kebenarannya.

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”. [Al Hujurat : 6].

Dalam ayat ini jelas sekali bahwa kita jangan sampai mudah percaya pada desas-desus yang beredar, sebelum memastikannya dengan benar, memeriksanya dengan teliti, agar kita tidak menyebabkan orang lain terkena dampak buruk dari apa yang kita beritakan.

Bola salju itu akan terus menggulung ke bawah, menyapu semua yang ada di depannya. Tanpa menyisakan satupun. Hingga tiba saatnya, gulungan semakin membesar dan mengakibatkan kehancuran yang besar pula. Sebelum itu terjadi, gulungan itu harus dihentikan. Agar tidak semakin membesarkan prasangka di antara kita. Tabayyunlah, sebelum percaya pada suatu kabar. Juga, JANGANLAH kita menyebarkan kabar yang kita sendiri juga belum tahu kebenarannya.

#TumpasHoax! #BerantasHoax!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Cermin Dua Sisi

google.com Judulnya hari ini depan laptop menghabiskan kuota yang tersisa, download film-film inspiratif. Keyword yang kali ini ingin…